Copyright © Tanaman Obat dan Hias
Design by Dzignine
03 May 2012

Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak

Tanaman buah Sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang beriklim tropis, kata sirsak merupakan kata serapan dari bahasa belanda yaitu zuurzak. Zuur berarti asam sedangkan zak berarti kantong yang secara harfiah berarti kantong yang rasanya asam, sedang sirsak sendiri dalam bahasa latin disebut dengan Anona Muricata L. yang juga masih berkerabat dekat dengan buah Srikaya. Buah ini sangat mudah dijumpai, mulai dari pasar buah tradisional sampai supermarket, buah sirsak sendiri banyak dimanfaatkan masyarakat dari buahnya.


Sirsak disebut juga Nangka Belanda, atau Durian Belanda (Annona muricata L.), Soursop (Inggris) dan di berbagai daerah di Indonesia dikenal sebagai Nangka Sebrang, Nangka Landa (Jawa), Nangka Walanda, Sirsak (Sunda), Nangka Buris (Madura), Srikaya Jawa (Bali), Deureuyan Belanda (Aceh), Durio Ulondro (Nias), Durian Betawi (Minangkabau), serta Jambu Landa (di Lampung). Penyebutan "Belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya.

Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg.

Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Rasa buah ini manis keasaman yang memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya, apapun bentuk olahannya cita rasa sirsak tetap melekat kuat pada produk sehingga sangat mudah dikenali. Kandungan lemak buah sirsak hanya 0,3 g/100 g sehingga sangat baik untuk kesehatan, rasa asam pada sirsak berasal dari asam organic nonvolatile, terutama asam malat, asam sitrat dan asam isositrat. Kandungan vitamin C dari buah ini sangat tinggi sehingga merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat menjadi obat awet muda juga. Sirsak juga mengandung kadar sodium (natrium) yang rendah tapi memiliki potassium (kalium) yang tinggi sehingga bisa mencegah penyakit hipertensi. Selain itu buah sirsak juga mengandung kandungan serat yang cukup tinggi, serat ini berfungsi untuk menjaga kelancaran kerja saluran cerna dan menjamin kelancaran proses buang air besar.


Sirsak Untuk Tumor Dan kanker 
Khasiat dari buah sirsak ini memberikan effek anti tumor/kanker yang sangat kuat,dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri,anti jamur (fungi), effektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistim syaraf yang kurang baik. Salah satu contoh betapa pentingnya keberadaan Health Sciences Institute bagi orang-orang Amerika adalah Institute ini membuka tabir rahasia buah ajaib ini.

Riset membuktikan “pohon ajaib” dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan effektif secara alami, TANPA rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo, melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan, pasien merasakan lebih kuat, lebih sehat selama proses perawatan / penyembuhan, energi meningkat dan penampilan fisik membaik.

Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika.Buah Graviola di-test di lebih dari 20 Laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya.Hasil Test dari ekstrak (sari) buah ini adalah secara effektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 type kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payudara, Prostat, Paru-paru, dan Pankreas.

Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel-sel sehat.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa: 
  • Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. 
  • Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan. 
  • Energi meningkat dan penampilan fisik membaik. 
  • Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
  • Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan. 
  • Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.
Beberapa contoh penyakit yang bisa disembuhkan  dengan Sirsak:
  • Pengobatan Kanker 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.
  • Sakit Pinggang
    20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
  • Bayi Mencret/Diare
    Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  •  Ambeien
    Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 
  •  Bisul
    Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul. 
  • Anyang-anyangan.
    Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum. 
  • Sakit Kandung Air Seni
    Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  •  Penyakit Liver
    Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu 
  • Eksim dan Rematik Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit.
(dari berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment